Xiaomi Mi 8 SE Android System has stopped

Xiaomi Mi 8 SE Android System has stopped

Karena terpengaruh dengan permintaan istri untuk beli ponsel yang mempunyai fitur remote tv, kamera bagus, memory besar dan gak lemot dengan harga 3 jutaan, maka pilihan jatuh pada Xiaomi MI 8 SE yang mempunyai spesifikasi :
Platform OS Android 8.1 (Oreo); MIUI 9.5, Chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), CPU Octa-core (2×2.2 GHz 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver), GPU Adreno 616, 6 GB RAM 64 GB ROM, Main Camera Dual 12 MP, f/1.9, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF
5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor dan AI Camera.

Setelah cari-cari di toko-toko online, kutemukan harga miring serta sudah terinstall MIUI Global Stable yang sudah support bahasa Indonesia. Akhirnya beli deh….

Tapi beberapa permasalahn timbul setelah ponsel Xiaomi MI8SE ini di install beberapa aplikasi seperti Whatsapp yang tidak bisa membuka link dan ganti foto profil. Di browser bawaan maupun chrome pun mengalami error yang sama yaitu muncul pop-up Android System has stopped atau System Android telah berhenti.

Berbagai cara seperti hapus cache semua aplikasi sampai install ulang aplikasi-aplikasi yang dicurigai bermasalah, tetap tidak bisa. Dan akhirnya kecurigaanku ada di MIUI yang “katanya” menggunakan MIUI Global.

Xiaomi MI8SE ini menggunakan MIUI Global 9.5 | Stable 9.5.8.0 (OEBCNFA) version.

Ini menurutku merupakan hal yang aneh. Karena Xiaomi Mi8SE ini masih tersedia versi chinese ROM saja.

Hal inilah sumber permasalahan dari Xiaomi Mi 8 SE Android System has stopped.